Tuesday 29 October 2013

Tugas Pertama Softskill Bahasa Indonesia 2

Nama : Januar Herdyanto
NPM : 23211789

1. Jelaskan dengan contoh "Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar"!

Bahasa Indonesia yang digunakan secara baik dan benar apabila dalam menggunakan bahasa tersebut telah sesuai dengan EYD dan tanda baca yang benar apabila digunakan untuk menulis. Akan tetapi, sebaliknya bila digunakan dalam berbicara atau membaca lihatlah tanda bacanya dan perhatikan intonasi suara untuk memberikan penegasan dalam mengutarakan suatu hal atau kejadian.

Contoh :
Budi sedang mengkerjakan PR sehingga tak bisa diganggu ===> Salah
Budi sedang mengerjakan PR sehingga tidak bisa diganggu ===> Benar

Ada istilah "Bisa karena biasa" menurut saya itu benar adanya. Jadi, bila anda membiasakan berpola hidup baik yang dimulai dengan cara berbicara anda atau cara menulis sebuah tulisan, tentu anda akan terbiasa dengan hal itu. Jangan malu untuk belajar menjadi yang lebih baik.

2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai "Alat Komunikasi"!



Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama . Bahasa mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita. (Gorys Keraf, 1997 : 4). 

Pada saat kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, antara lain kita juga mempertimbangkan apakah bahasa yang kita gunakan laku untuk dijual. Sehingga kita sering mendengarkan istilah “ Bahasa Komunikatif”.
 
Misalnya : Kata Makro hanya dapat dipahami oleh golongan masyarakat tertentu.
                   Besar atau luas mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

 
Bahasa juga digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pertukaran informasi baik secara verbal dan non-verbal. Selain bahasa yang diungkapkan secara lisan, masih ada bahasa lain yaitu bahasa tubuh. Melalui pergerakan tubuh, seseorang dapat memberikan arahan atau informasi tanpa harus menggunakan bahasa secara lisan.

0 comments:

Post a Comment